Copyright © dieno land
Design by Dzignine
18 November 2012

Pengalaman dan Tips Ketika Naik Kendaraan Umum

Jadi sebelumnya gue udah survey,
survey yang gue lakukan emang sedikit absurd dan emang ga usah ditanya, itu kelakuan dari dulu yg gbs ilang dari dalam diri gue. "Mengamati tingkah laku orang-orang apabila sedang berada di kendaraan, notabennya adalah transportasi umum"
Sudah dari jaman kuliah dulu gue sangat seneng dengan naik kendaraan umum (baca: hemat ongkos), terutama bus. kemana-mana gue naek bus, sampe mau ke wc juga gue harus naek bus.

Dari situ, karena terlalu sering gue naek bus, gue jadi peka sama lingkungan sekitar penumpang bus.
Ada banyak jenis penumpang bus, qta harus bisa memilih dan memilah penumpang mana yang akan menjadi teman duduk kita dan sekiranya akan membuat perjalanan qt menjadi menyenangkan.
Ada tipe penumpang yang sok asik, dikit2 ngajak ngobrol (modus).
Ada juga penumpang yang sepanjang jalan baca buku atau koran.
Ada juga penumpang yang berasa naek bus kaya lagi di tempat karoke, mentang2 pasang hedset, dia kira mulutnya dipasangin peredam juga.
Ada lagi penumpang keroyokan, ngajak keluarga, temen-temen, sepanjang jalan ngoceh aje sok pamer apalah sengaja suaranya dikerasin biar semua penumpang bus pada tau apa yang diomongin.
Ada penumpang kalem.
Ada penumpang yang ga bisa liat bahu nganggur dikit langsung disenderin.
Ada juga tipe penumpang dermawan suka bagi2in iler.
Dan satu tipe penumpang yang harus dihindari, yaitu tipe penumpang yang makan tempat. sangat menderita kalo elu terjebak dalam situasi ini.

Banyak pengalaman yang gue dapet dari naek bus,
Enaknya naek bus,
kalo lagi untung banget, bisa duduk sama cewe wangi, cantik jelita, trus nyender ke bahu qta, (skenario yang selalu ada di dalam setiap pemikiran cowo jomblo akut mencari pujaan hati) di tengah perjalanan berasa cewe sendiri, ngelus-ngelus rambut, trus doi bangun ngelap ilernya, sambil bilang "punten aa.." trus dengan muka pahlawan gue bilang, "gpp neng lanjutin aja tidurnya di pundak aa.." *langsung dilempar keluar jendela sm kernet bus*
kalo untungnya ga pake banget, qta duduk pada posisi bisa memandang cewe cantik sepanjang jalan, sesekali ke-gep curi-curi pandang, trus (masih dalam usaha seorang jomblo mencari pasangan) senyum2 cabul sok meng-imut-imut-kan-muka-yang-sebenarnya-amit-amit. trus cewenya buang muka, ketakutan.
kalo untungnya tipis sama apes, duduk di seat 3 penumpang. terus dateng cewek cantik yang terpaksa duduk disebelah gue yang memang kondisi bus yang sudah penuh tinggal kosong 2 tempat disebelah gue, dan ga lama dateng cowo ganteng yang tidak lain adalah cowonya duduk lah di bangku terakhir yang kosong itu persis diantara gue dan cewe cantik itu. *nunduk, pasang hedset, lagu galau*

ga selalu untung kalo naek bus!
kalo lagi apes, ga dapet tempat duduk, jempet2an, penuh sesak, ga usah kentut, napas aja susah bener, belum lagi bau keringet para penumpangnya, subhanaloh.
kalo apesnya pake banget, lagi duduk enak2 sendirian berharap cewe cantik bakalan duduk disebelah gue, terus datanglah seekor penumpang laki-laki/perempuan, dengan bau badan yang wasalam, muka acak-acakan, duduk disebelah qta dengan biadab dia tertidur dan dengan bangga mempersembahkan suara alam bawah sadarnya (baca: ngorok) dengan volume speaker full, dan dengan kepolosan wajahnya disaat tidur dia membanjiri mulutnya dengan benda cair berwarna bening. klimaksnya karena saking asiknya dia tertidur sehingga tidak sadar menyender ke bahu gue. end.
kalo apesnya pake banget dipangkatin. dapet duduk dengan penumpang disebelah yang ga jelas dari planet mana, ditengah jalan mendadak dia kejang-kejang dan TARAD KOBAM (baca: dibalik) sehingga harus mengeluarkan seluruh isi di dalam perutnya termasuk organ tubuhnya dengan wangi semerbak membahana ke setiap sudut bus kota, dan belepotan sampai ke pakaian gue *tepok jidat*

Dan jangan salah, naek bus juga bisa jadi ladang ibadah..
Banyak pengamen dan tukang minta-minta, jadi siapin receh yang banyak, bolehlah sedekah kalo lagi ada sedikit rejeki.
Trus disaat bus dalam kondisi penuh dan ramai, kemudian ditengah jalan naik lah ibu2 atau bapak2 dengan perawakan renta atau ibu hamil besar yang takut anakny berojol di dalam bus. Pasang jiwa pahlawan yang akan berperang dengan gagah berani, bangkit dari nyamannya tempat duduk, sambil tersenyum kita sapa mereka dan dengan ramah menawarkan tempat duduk kita. indahnya. jangan malah sok pura-pura tidur ga ngeliat, banci.. anjeng!


berkaca dari pengalaman itu, gue akan memberikan beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan sehingga ketika kita berada dalam posisi akan menggunakan alat transportasi massal, qta tidak terjerumus ke dalam lembah setan. check it out guys:
1. Siapin niat dan mental jiwa berpetualang. anggap aja naek umum itu adalah bagian dari pengalaman yang bisa kita dapat selama perjalanan. positively
2. Siapin uang receh. Disamping elu harus menyiapkan uang untuk ongkos busnya, terkadang elu pasti bakal ngerasa risih atau mungkin sedikit takut kalo ada pengamen rusuh yang maksa2 minta duit ke penumpang, setidaknya kalo elu punya receh walaupun cuma 200 perak sudah memberikan kesan berpartisipasi dalam menghargai mereka. kalo emang sama sekali gad receh, gue saranin jangan malah pura-pura tidur, udah aja angkat tangan sambil bilang maaf.
3. Bawa Headset/Headphone/Earphone. dengerin lagu diperjalanan itu terkadang membuat kita menjadi lebih melankolis, lebih mendramatisir perjalanan. enak deh sambil ngebayangin apa aja yg udah kita laluin, yang seharusnya kita lakuin, dan membayangkan hal2 yang akan terjadi nanti. Disamping hal tsb, headset bisa dijadikan senjata ampuh, kalo ada penumpang yg berisik, entah dia ngobrol keras2, ngorok, atau bayi yang nangis.
4. Selalu siaga, awas barang2 berharga, sederhana dalam berpakaian. ga usah banyak tanya, copet udah menjadi sebuah hobi bukan sekedar profesi.
5. Minimal bawa air mineral. walaupun terkadang ditengah jalan suka ada pedagang asongan, tapi mending bawa minum sendiri untuk sterilitas dari segi kebersihan dan keuangan. kalo dirasa perjalanan jauh bawa snack untuk mengurangi rasa lapar, atau kalo ga tahan bawa nasi rantang, tiker, piknik deh di bus / kereta.
6. Bawa plang, "khusus makhluk bumi". begitu elu dapet duduk yang disebelahnya juga kosong, segera pasang plang tersebut. biar tidak ditempatin makhluk planet lain yang bisa mengganggu ketentraman hidup lu selama perjalanan.
7. Bawa kresek / kantong plastik. Siapa tau elu kobam, atau orang yg disebelah lu, daripada belepetan kemana-mana. makanya tu udel di plester kalo emang ga kuat naek kendaraan jauh2. eeaa
8. Posisi menentukan prestasi. emang ujian doang yang bisa pake slogan itu, naek bus atau naek kendaraan umum juga. Prestasi disini adalah Kesuksesan, kelancaran, kenyamanan selama perjalanan.
Jadi selama ini gue udah survey, gue selalu memperhatikan rata-rata orang yang tertidur didalam kendaraan selalu ingin dan terobsesi untuk menyender. dan anehnya, elu boleh percaya atau ga, sekali lagi "gue selalu memperhatikan", mereka yang tertidur dan menyender itu 100% selalu ke arah kiri mencari senderannya. presentasi menjadi tidak 100% ke arah kiri jikalau memang disebelah kanannya adalah kaca / pacarnya. yup 50% dia masih berpotensi menyender ke arah kiri (diluar alam bawah sadar). Dari sini, elu tau maksud gue kan, duduklah disebelah kiri dari cewe cantik, dan duduklah disebelah kanan dari makhluk planet lain selain bumi.
Selamat mencoba dan semoga sukses! :)

0 comments: