Copyright © dieno land
Design by Dzignine
25 Januari 2013

Jakarta Banjir, Januari 2013

Memang agak telat gue baru posting hari ini, ya hanya sekedar untuk memberikan informasi.

Kejadian luar biasa di awal tahun baru 2013 ini memang membuat shock seluruh warga Indonesia khususnya Jakarta. Siklus hujan besar 5 tahunan yang datang "sedikit-telat" akhirnya datang juga.

Hanya sebagai gambaran:


sentral ibukota negara menjadi lautan. tercoreng memang. tapi apa mau dikata, inilah ibukota yang kita banggakan, negara yang kita cintai, namun kita (sebagian) tidak menaruh perhatian untuk menjaga kelestarian alam, merelakan taman kota menjadi gedung dan pusat perbelanjaan sehingga tidak ada lagi lahan resapan air, seenaknya membuang sampah sembarangan. memang di luar dari faktor itu semua, semua seolah "mengkambing-hitam"-kan bencana alam di luar kemampuan manusia.

Dan nasi sudah menjadi bubur, hujan besar kemudian banjir hampir diseluruh wilayah ibukota.
Tergerak ingin sekali membantu para korban banjir, gue dan kawan-kawan lama pun berinisiatif untuk menggalang dana, yup kami alumni [SDI] Bani Saleh #ABS berusaha semaksimal mungkin menggalang dana, walaupun tidak seberapa, tapi setidaknya bisa sedikit meringankan dan menghibur mereka, para korban banjir.

Alhamdulillah kami bisa bergerak 2x,
H+3 setelah hujan besar terjadi, kami masih tidak mampu menembus lokasi banjir yang menurut kami sangat memerlukan bantuan (penjaringan-pluit, jakarta utara) yang kemudian hasil donasi di distribusikan untuk korban banjir di posko penampungan depan RS.Hermina kampung melayu, posko banjir pondok gede permai dan posko petronas bekasi.
H+7 kami berhasil menembus penjaringan jakarta utara. walaupun sudah seminggu, tapi daerah penjaringan banjir masih belum surut.





















 gue, niki, iman, ari, firda, niar


Tetep dong eksis nomer 1 :D
bukan maksudnya mau pamer, ini hanya sebagai report, bentuk pertanggung-jawaban kami untuk kalian yang sudah percaya dan banyak menyumbang baik yang berupa uang atau barang.

Sedikit gue juga berikan foto TKP:




















untuk gambar yang lebih banyak dan lebih lengkap, bisa langsung ke http://dienot.tumblr.com/

Cuma sedikit opini gue, ini opini gue loh ya, elu mau suka sukur, elu mau kontra ya bodo amat bukan urusan gue, ahahaha, jadi begini:
kadang gue suka heran sama orang-orang yang bisanya cuma ngomong aja ngekritik orang tapi dia sendiri ga ada kontribusinya, misal nih ya ada artis/pejabat/siapalah ke posko banjir, terus kepublish atau masuk infotainment (coba elu termasuk golongan orang yang kaya gimana) responnya adalah:
1. ada orang, sewot: "itu niat mau nolong ga sih? pake ada infotainment segala.. malah jadi ria gajadi pahala.. dasar!!!"
komen gue: lah? biarin aja, coba tolong dirubah pandangannya, siapa tau, dengan artis itu mempublish dirinya, secara tidak langsung dia mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama, so? makin banyak kan yang menyumbang, makin meringankan kan? toh ga ngerugiin elu juga, ada masalah?
pengalaman gue yang sangat kebetulan dan wow juga si, hehe.. 2x gue turun ke lapangan yg pertama bareng sama kunjungan pak jusuf kalla, yang kedua bareng sama infotainment status selebriti punyanya trans corp. yang gue liat para korban terhibur atas kedatangan mereka, terlepas dari bantuan yang mereka berikan. masalah ria mau dapet pahala apa kagak, cuma dia sama Tuhan aja yang tau, peduli amat.
2. ada orang, kalem: "wih si artis anu nyumbang, yaudah lah biarin aja, udah banyak yang ngebantu, kita ga perlu ngebantu, toh mereka tetep hidup qo, sukur-sukur pada mati biar ga menuh-menuhin jakarta."
komen gue: nah cerdas, biar jakarta kagak macet, orangnya kita kirimin roket nuklir aja gimana? -__-
jangan begitu dong bos, kalau semua orang berfikir seperti itu, mana ada yang mau bantu.. kita sebagai makhluk sosial harus saling bahu membahu tolong menolong, ceileeh no gaya banget omongan elu dah, kesambet apaan?
eh tapi beneran, coba bayangin kalo elu ada diposisi sebagai korban banjir, tinggal di pengungsian, makan susah, betapa bahagianya klo ngeliat ada yang dateng kasih bantuan. indah kan?
3. ada orang, semangat bener: "gila gila si artis itu nyumbang, ini kita juga harus ikutan bantu, sumbangin semua yang kita punya.." sampai banjir surut, talk more do nothing!
komen gue: ya ga apa apa toh, niatnya sudah baik, semoga lain waktu bisa beneran ikut membantu. :)

Diluar ketiga golongan orang-orang diatas, ternyata masih banyak manusia-manusia setengah dewa berhati malaikat yang sangat antusias membantu sodara-sodara kita para korban banjir dan bencana alam apapun.
terbukti, posko-posko penampungan tidak ada yang kekurangan bantuan. relawan-relawan hilir mudik dari 1 posko ke posko yang lain. alhamdulillah.
Entah lah sepertinya gue bangga menjadi warga indonesia walaupun sudah tercoreng, tapi ngeliat mereka saling membantu, solidaritas kita sangat kuat dibanding negara apapun didunia ini, gue bisa jamin itu!
Tuhan tolong jaga sikap solider kami, sikap peduli kami kepada sesama, dan semoga bisa menjadikan indonesia yang terpuruk ini menjadi tidak lebih terpuruk dan sedikit lebih baik.

Terakhir,
Terimakasih sebesar-besarnya buat semua,
untuk para donatur dan relawan, semoga Allah membalas beribu-ribu kali lipat kebaikan yang telah kalian berikan,
dan untuk para korban, semoga diberikan kekuatan dan semoga Allah memberikan rizki untuk dapat mengganti harta benda kalian yang hilang karena bencana.
Amin.

Salam,
piss love en gaul.

0 comments: